Senin, 28 Juli 2008

Mencipta Idustri Kecil Kimia

BAHAN/PRODUK KIMIA DI RUMAH
Produk/bahan kimia bukan lagi barang asing bagi kita semua, bahan setiap hari kita selalu berhubungan dengan produk kimia terutama sebagai bahan pembersih, pemutih pewangi maupun insektisida. Pada dasarnya produk-produk tersebut hanyalah dibuat dengan proses yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat yang rumit dengan bahan kimia yang sudah banyak beredar di sekitar kita.




BAHAN/PRODUK KIMIA DI RUMAH
Produk/bahan kimia bukan lagi barang asing bagi kita semua, bahan setiap hari kita selalu berhubungan dengan produk kilia terutama sebagai bahan pembersih, pemutih pewangi maupun insektisida. Pada dasarnya produk-produk tersebut hanyalah dibuat dengan proses yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat yang rumit dengan bahan kimia yang sudah banyak beredar di sekitar kita.

Menyusul Tampilan :
saat ini seringkali kimia/bahan kimia seringkali dijadikan kambing hitam ats terjadinya kerusakan, keracunan, kenatian, gangguan kesehatan dan lain lain. Benarkah itu salahnya kimia/ bahan kimia/ orang kimia atau justru tidak memahami kimia mencoba-coba bermain dengan kinia ? yang pasti kalau kita paham dan mengerti kimia dengan segala seluk beluknya manfaat yang besar dapat diperoleh untuk meningkatkan kesejahteran umat manusia. Jangan coba-coba menyalahgunakan, cobalah untuk mengerti kimia/bahan kimia. Bahan kimia akan menjadi berbahaya apabila tidak digunakan sesuai dengan fungsinya / melebihi nilai ambang batasnya.
berkut contoh pengunaan bahan kimia untuk kebutuhan sehari hari

ANDA BOLEH BEREAKSI TERHADAP TULISAN INI BERUPA
KOMENTAR KRITIK DAN SARAN KONSULTASI KERJASAMA

No.
PRODUK KIMIA
Bahan
1.
Sampo mobil (ala kit)
Texapon
NACl
Gliserin
Air
parfum
warna
2.
Sabun pencuci piring (ala sunlight)
Texapon
NACl
Air
parfum
warna
3.
Karbol/ kreolin (ala wipol)
Arpus
NaOH
Pine oil
Kamper/kapur barus
air
4.
Lisol
Arpus
KOH
Pine oil
Kamper/kapur barus
air
5.
Pembersih lantai (ala SOS)
Texapon
NaCl
Air
Kreolin
Parfum
warna
6
Pembersih kulit (ala oval)
Iso propel alcohol
Isopropilen glikol
air
7.
Pelembut dan pewangi pakaian (ala molto)
Softener flax
Parfum
Warna
gliserin
8.
Detergen bubuk
Texapon
NaHCO3
Na2SO3
STPP
9.
Pembersih kaca
Alkohol
Air
Alkohol
Amonia
Texapon
NaCl



10.
Pembersih gelas
Gliserin
Asam. Oksalat
K-khromat
Alcohol
Eilen glikol
K-kromat
air
11.
Pembersih lantai kolam renamg
Detergen bubuk
Na2CO3
STPP

Pembersih porselin
Na-bisulfit
Na-sulfat

Pembersih head/drive perangkat elektronik
Isopropyl alkohol

Penbersih kerak radiator
STPP
air

Pembersih kerak ketel tembaga
HCl

Pembersih kerak ketel aluminium
Asam oksalat

Pembersih kerak ketel seng
Asam Cuka

Pembersih perunggu/kuningan
NaCl

Pembersih kain putih kena Yodium
Na-Tiossulfat

Pembersih kain berwarna kena Yodium
Asam asetat
NaCl
Air
Atau
ammonia

Kain putih kena darah
Na-hipoklorit

Pembersih karat
Asam okalat
Al-sulfat
Na-bisulfit
air

Salauran WC mampat
NaOH
Na2CO3

Pemutih kain sutera
H2O2

Pengolahan kolam air renang
Kaporit
Soda abu
Tawas
PAC
Terusi

Pengawet kayu
NaF
air

Pengawet Karet
Gliserin
Alcohol
Air

Pengawet Silet cukur
Borax
Air

Bahan pemutih pakaian
Ca(OCl)2
Ca(PO4)2
NaOCl
12.
Tinta rahasia (permainan)
NH4Cl
Air
CoCl2
GLiserin
Air
KOH
Phenoltalin
Acetone
air
TIPS MEMBUAT

27 komentar:

Curhat On line mengatakan...

mas, gimana cara membuat busa shampoo mobil berwarna? pewarna jenis apa yang bisa saya pergunakan. mohon balas ke email saya.terimakasih

Roy mengatakan...

mas, untuk memperoleh material seperti di formula yang telah disebutkan tadi dapat dibeli di mana? apakah ada yang menjual dengan skala eceran untuk mulai mencobanya?
mohon dibalas, thanks

Sugianto-Kimia Industri mengatakan...

untuk mas roy bahan kimia yang dibutuhkan sudah banyak dijual/ dijual bebas di pasaran/ toko kimia/farmasi/toko parfum. bila ada kesulitan anda bisa menghubungi lagi

fortunerentcar mengatakan...

Salam kenal pak Sugianto, saya tertarik dengan artikel-artikel bapak masalah bahan- bahan pembersih rumah tangga, saya ingin mendirikan HOME INDUSTRI membuat bahan-bahan tersebut.Kalau bapak tidak keberatan Tolong bantu formulanya dan cara-cara membuatnya. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam, Gunawan

fortunerentcar mengatakan...

Salam kenal pak Sugianto, saya tertarik dengan artikel artikel bapak , saya tertarik membuat HOME INDUSTRI bahan-bahan pembersih rumah tangga. Kalau bapak berkenan memberikan formula dan cara-cara pembuatannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam, Gunawan

E-mail : gunawandenpoo@yahoo.co.id

Sugianto-Kimia Industri mengatakan...

fortunerencar, sebenarnya bahan dan resepnya sudah tertulis diblog, tapi karena terlalu lebar jadi terpotong, dan aya potong saja sekalian.anda saya kirim salah resep coba dulu, kalau berhasil minta yang lain gratis kok ! lihat di email anda

gita Sulistia mengatakan...

mas bagaimana cara membuat busa shampo mobil agar berwarna?
pake pewarna apa?
saya ank jurusan kimia saya sedang melakukan penelitian..
mohon bantuanya dan di blz ke e-mail saya terimakasih

gita Sulistia mengatakan...

mas bagaimana cara ,membuat busashampo mobil berwarna? pewarna jenis apa yang di pakai?
saya ank kimia yang sedang melakukan penelitian
mohon bantuanya di blz ke e-mail saya terimakasih..klo bisa secepatnya

Wahab mengatakan...

Assalamualaikum Pak Sugianto. Pak sy tertrik dengan proses pembuatan pelet / biji plastik. Bisakah bapak menerangkan teori, cara / prosedur, spesifakasi serta desain mesin sederhana proses pembuatan pelet plastik kualitas baik? Sebelumnya sy ucapkan terimakasih.
Hormat saya, wahab :
Chimothes@yahoo.co.id

Sugianto-Kimia Industri mengatakan...

mbak gita gita ada warna sendiri, bisa kamu beli di toko kimia

Prawoto mengatakan...

Salam, pak saya kesulitan untuk mendapatkan foambooster di bandung, mungkin bapak bisa memberi tahu nama lain / nama dagang dari foambooster atau zat penggantinya..dan zat apakah yang digunakan sebagai pengangkat lemak serta presentasinya dalam sabun cuci piring..
Terima kasih atas informasinya.
opox_kodopox@yahoo.co.id

jibril mengatakan...

yg saya butuh kan saat ini adalah resep pembuatan sampo motor,semir ban dan sabun cuci piring,.mengapa karena untuk agar kita tidak konsumtif dimana skrg ini musim hujan kita harus selalu cuci motor tiap hari berikut semir ban untuk motor kita kinclong selalu mengenai sabun cuci itu sgt penting karena tiap hari kita mendapati gelas piring yg kotor moga dgn resep nya pak Sugianto pengeluaran bisa lebih hemat mohon kiranya pak resep nya di kirim ke email saya lolonmanson@telkom.net

jibril mengatakan...

selama saya berkecimpung dgn Internet baru sekarang mendapat blog dimana kita bisa dpt ilmu yg sangat bermnfaat dalam aplikasi nya dalam masyarakat bukan itu aja saya baru tau ada pelajaran otootif nya juga.jadi kita ga sia2 buka blog nya pak Sigianto

jibril mengatakan...

masayarakat kita saat ini lebih percaya dgn brand serta menjandi komsumtif karena saya cinta Indonesia saya ingin salalu membuat paraktek barang yg biasa di pake sehari2.basic kuliah saya bukan Kimia tapi saya suka dgn hal2 baru yg orang jarang lakukan.moga blog ini menjadi wadah ilmu amiin

jibril mengatakan...

pak Sugianto sampoo motor telah kami buat hasil nya sgt memuaskan bersih hemat kinclong selanjunya saya mohon ilmu sabun cuci bubuk seperti rinso atas perhatianya saya ucapkan terima kasih Email aku lolonmanson@telkom.net

jibril mengatakan...

pak Sugianto praktek sampoo motor telah dibuat hasil nya sgt memuaskan serta hemat ekonomis serta hasil kinclong selanjutnya saya mohon ilmu sabun cuci bubuk ala rinso atas perhatianya saya ucapkan terima kasih

jibril mengatakan...

pak Sugianto saya mau memcoba praktek sabun cuci bubuk ala rinso mohon pak resep nya yg terbaik serta hemat Terima kasih atas perhatianya E-mail:lolonmanson@telkom.net

jibril mengatakan...

Pak Sugianto ternyata penghematan bisa dilakukan cukup dgn melihat kebutuhan si rumah sabun cuci piring hasil seperti apa yg kita harapkan selama ini .selanjut nya saya mohon resep pewangi softener/molto ats perhatianya saya ucapkan terima kasih E-mail:lolonmanson@telkom.net

aHmad subahMan mengatakan...

pak sugianto article bapak sangat bagus..!
pak saya pengin tahu gimana caranya untuk membikin deterjen bubuk/cair untuk skala ukm.
makasih pak.

bahman_vip@yahoo.com

irsal mengatakan...

informasi yang bagus bagi yang ingin berwirausaha

Pak boleh saya tau resep dari :
Sabun cream /colek
Sabun pencuci piring (ala sunlight)
Pembersih lantai (ala superpell/kreolin)
Karbol/ kreolin (ala wipol)
aneka bahan pemutih
Pemutih pakaian
Sabun padat
softener

mhd_irsal@yahoo.com

makasih atas informasinya

irsal mengatakan...

Pak boleh saya tau resep dari :
Sabun cream /colek
Sabun pencuci piring (ala sunlight)
Pembersih lantai (ala superpell/kreolin)
Karbol/ kreolin (ala wipol)
aneka bahan pemutih
Pemutih pakaian
Sabun padat
softener

mhd_irsal@yahoo.com

Opox mengatakan...

Pak bolehkah sy mnta resep pembuatan shampoo motor n sabun cair. Hatur nuhun

omYanto mengatakan...

pak Gianto jika formula sabuncair itu saya tambah lisol /kreolin apa jadi nya? dalam mencuci saya sering menemukan pakaian yang sangat membadel bau nya gimana cara ngatasinya?

dadek mengatakan...

pak sugiharto apa saja bahan membuat pemutih pakaian seperti vimkho,bayklin,dll dan berapa perbandingannya.saya dah lama nganggur mau usaha kecil kecilan di rumah mohon bantuan nya ....dadek haryantho E-mail dadek8888@gmail.com






..

dadek mengatakan...

siang pak sugi,saya dadek haryanto medan mau tanya apa saja bahan pembuatan bahan pemutih pakaian seperti soklin,vimkho,bayklin dll serta perbandingannya... saya udah coba tapi selalu gak berhasil...saya mau coba usaha kecil kecilan di rumah..mohon bantuannya ...sebelumnya saya ucapkan terima kasih,..... dadek8888@gmail.com

dadek mengatakan...

pak sugiharto apa saja bahan membuat pemutih pakaian seperti vimkho,bayklin,dll dan berapa perbandingannya.saya dah lama nganggur mau usaha kecil kecilan di rumah mohon bantuan nya ....dadek haryantho E-mail dadek8888@gmail.com






..

dadek mengatakan...

pak sugiharto apa saja bahan membuat pemutih pakaian seperti vimkho,bayklin,dll dan berapa perbandingannya.saya dah lama nganggur mau usaha kecil kecilan di rumah mohon bantuan nya ....dadek haryantho E-mail dadek8888@gmail.com






..