Sabtu, 08 Agustus 2009

FORMULASI PARFUM (Body Mist)



Cara/tips agar wangi parfum tahan lama
Setelah kemarin membahas tips memilih parfum untuk berbagai acara, sekarang kita akan membahas tips agar wangi parfum tahan lama. Dalam artikel tips agar wangi parfum tahan lama ini, kita akan bagi kedalam 2 bagian, yaitu tips agar wangi parfum tahan lama saat dikenakan dan tips agar wangi parfum tahan lama saat parfum disimpan (tidak digunakan).

Pertama kita bahas dulu tips agar wangi parfum tahan lama saat digunakan, berikut tipsnya :

1. Kenali jenis parfum
Pada dasarnya parfum dibagi dalam 4 golongan :
- Perfume, kandungan minyak wangi sekitar 22%-25%
- Eau de Parfum (EDP), kandungan wangi 15%-22%
- Eau de Toilette (EDT), kandungan wangi 8%-15%
- Eau de Cologne (cologne), kandungan wangi 4%
Dengan mengenali golongan parfum kita bisa menentukan sendiri seberapa banyak parfum akan kita semprotkan ke tubuh agar wangi tahan lama.

2. Gunakan di titik-titik yang tepat
Parfum akan berinteraksi dengan suhu tubuh sehingga pemilihan titik-titik tubuh untuk disemprotkan parfum sangat berpengaruh pada ketahan wangi parfum. Berikut titik yang tepat untuk disemprotkan/diolesi parfum :
- Pergelangan tangan,
- Leher
- Dada
- Siku
Selain karena titik-titik tersebut sangat jarang bergesekan dengan benda atau dengan bagian tubuh lain yang mengakibatkan wangi parfum menghilang, titik-titik tersebut memiliki panas tubuh yang efektif memancarkan aroma parfum secara alami.

3. Waktu yang tepat
Menggunakan parfum haruslah juga dalam waktu tepat, misalnya sehabis mandi karena pori-pori tubuh masih terbuka sehingga wangi parfum akan mudah meresap di tubuh, namun dengan catatan tubuh haruslah sudah kering, ini untuk menghindari kontak dengan air sisa mandi dan aroma sabun yang masih melekat yang dapat merubah wangi parfum. Penggunaan body lotion atau penghilang bau badan akan lebih memaksimalkan wangi parfum, agar wanginya tidak bertabrakan dengan bau badan.

Tips kedua adalah tips menyimpan parfum agar wangi parfum tahan lama :

1. Hindari sinar matahari langsung
Kandungan parfum sangat sensitif terhadap panas. Perubahan suhu ataupun paparan dari sinar matahari akan membuat konsentrasi wewangian dalam parfum berkurang.

2. Jangan disimpan di kulkas
Tidak sedikit orang beranggapan menyimpan parfum di kulkas sangatlah efektif karena akan mudah mengatur suhunya. Namun menurut Fragrance Foundation, organisasi global bergerak di bidang industri parfum, menyimpan parfum di kulkas tidak tepat. Parfum sebaiknya tidak disimpan dalam suhu terlalu panas atau dingin karena bisa menganggu keseimbangannya. Apalagi proses mengeluarkan dan menyimpan kembali parfum ke dalam kulkas menyebabkan fluktuasi perubahan suhu yang bisa merusak kandungan parfum. Terkecuali cologne memang cocok untuk disimpan di dalam lemari pendingin.

3. Hindari menyimpan parfum di tempat lembab dan beruap
Menyimpan parfum ditempat lembab pun dapat membuat parfum berumur pendek, Selain itu, untuk Anda yang sering mandi air panas, uap dari pemanas ruangan saat mandi bisa memicu oksidasi dan perubahan warna pada parfum. Karena itu, hindari menyimpan parfum di kamar mandi dan pastikan selalu menutup botol parfum usai menggunakannya.

4. Disimpan di laci
Simpanlah parfum dilaci yang mempunyai suhu udara yang stabil, usahakan untuk menyimpan parfum dalam dus aslinya.

5. Menggunakan botol gelap
Parfum dengan botol transparan akan berumur lebih pendek ketimbang dengan parfum dengan botol gelap, karena botol dalam warna gelap lebih dapat meredam cahaya matahari.

6. Memilih botol kecil
Usahakan untuk memilih botol kecil, atau sesuai dengan volume parfum. Karena memilih botol besar akan membuat parfum meguap apalagi yang mengandung alkohol. Jika penyimpanannya tidak tepat menggunakan botol besar akan membuat kandungan parfum lama-lama akan berkurang.


Tampil segar dan wangi di setiap kesempatan merupakan salah satu cara mendongkrak rasa percaya diri. Tak ayal, parfum diandalkan untuk membuat kita tampil wangi sepanjang hari.
Namun, beberapa hal ternyata bisa membuat aroma parfum Anda cepat pudar. Karena faktanya, beberapa orang memilih parfum dengan komposisi antara sari parfum dan alkohol yang seimbang.
Selain itu, aroma parfum cepat hilang karena perubahan tipe kulit dan juga sinar matahari. Karena wewangian cenderung menguap ke atas, jadi pastikan saat menyemprotkan parfum dari bagian bawah tubuh.
Berikut ini tips agar wangi parfum Anda tetap tahan lama:
1. Kenali jenis parfum
Pada dasarnya, minyak wangi terdiri dari 4 jenis. Tingkatan tertinggi adalah "Perfume". Produk berlabel ini tergolong mahal karena diencerkan dengan minyak esensial berkonsentrasi tinggi. Konon, kandungan minyak wanginya hingga 22 persen, sehingga aromanya lebih kuat dan bertahan lama.
Sementara yang umum digunakan adalah Eau de Parfum (EDP) dan Eau de Toilette (EDT). EDP mengandung 15-22 persen minyak wangi, sedangkan EDT 8-15 persen saja, Dan yang paling banyak ditemuai di supermarket adalah wangi Eau de Cologne, yang mengandung setidaknya 4 persen minyak wangi.
Aroma parfum akan mampu bertahan hingga lebih kurang 6 jam, sangat tergantung dengan reaksi kimiawi tubuh Anda. Sedangkan aroma dari Eau du Toilette dan Eau du Cologne dapat bertahan selama 2 – 4 hari.
2. Penggunaan yang tepat
Jangan semprotkan parfum ke tubuh secara sembarangan, karena hasilnya tidak akan maksimal. Saat menyemprotkannya, perhatikan juga suhu dan kelembaban tubuh Anda.
Parfum akan bereaksi dengan suhu tubuh, dan sebaiknya semprotkan pada beberapa titik nadi, seperti di pergelangan tangan, di dalam siku, di sela payudara, atau bahkan di bawah tenggorokan. Beberapa lokasi ini memiliki panas tubuh yang efektif memancarkan aroma parfum secara alami.
Parfum juga melekat pada kulit yang berminyak dan lembab. Itulah kenapa banyak produsen parfum tak hanya membuat parfum saja, tetapi juga memproduksi sabun mandi, lotion, serta bedak untuk menyesuaikan kulit dan parfumnya. Untuk memaksimalkan aroma, sesaat setelah menggunakan lotion, semprotkan parfum ke nadi tangan.
3. Momen tepat
Agar wangi parfum Anda lebih maksimal, kenakan parfum sebelum berpakaian atau setelah mandi. Usai mandi, pori-pori kulit terbuka dan lebih maksimal menyerap parfum.
4. Jangan terlalu "wangi"
Saat berdekatan dengan seseorang, aroma wangi parfum Anda seharusnya akan tercium sebagai aroma alamii tubuh, sehingga tidak mengganggu "hidung" lain yang menghirupnya.
Aroma tersebut menjadi ciri khas Anda. Saat teman mencium bau tersebut, ia akan teringat pada Anda. Tapi jika aroma wangi yang terlalu menusuk tercium saat Anda memasuki ruangan, itu artinya penggunaan parfum Anda terlalu berlebihan.
Agar wanginya tetap tahan lama, Anda bisa menambahkan sedikit saja semprotan parfum pada siang atua sore hari. Jangan lupa, semprotka parfum di tempat yang tepatm yaitu toilet, karena menyemprotkan parfum di meja kerja, itu sama saja memangganggu teman yang tidak terlalu menyukai aromanya.
5. Kebiasaan salah
Sebaiknya hindari menyemprotkan parfum di belakang telinga. Sisa kotoran tubuh, misal keringat dan kotoran belakang telinga saat bercampur dengan parfum bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.
Satu lagi kebiasaan salah yang sering dilakukan adalah menggosok pergelangan tangan sesaat setelah menyemprotkan parfum. Kebiasaan ini justru mengurangi efek wangi dan merusak aroma alami parfum. Biarkan parfum menyerap di kulit tanpa perlu digosok usai disemprotkan.

Bahan Parfum body mist

Ingredients                                                INCI designation                                                           % W/W                              Ingredient Function

Phase 1
DEMINERALIZED WATER                           WATER                                                                      
Phase 2


DPPG CG (1)                                                  PROPYLENE GLYCOL DIPELARGONATE
PEMULEN TR-2 (2)                                     ACRYLATE/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER

Phase 3
E.D.T.A. DISODIUM SALT                           DISODIUM EDTA                                                                

Phase 4


EMULFREE® CBG (1)                                     ISOSTEARYL ALCOHOL (AND) BUTYLENE GLYCOL COCOATE (AND) ETHYLCELLULOSE
LIPONATE DPC-6 (3)                                    DIPENTAERYTHRITYL HEXACAPRYLATE/HEXACAPRATE
DOW CORNING 345 FLUID (4)                  CYCLOPENTASILOXANE (AND) CYCLOHEXASILOXANE
DPPG CG (1)                                                    PROPYLENE GLYCOL DIPELARGONATE
PERFUME KOALA (5)                                                                                                                          
PHENONIP (6)                                                PHENOXYETHANOL (AND) METHYLPARABEN (AND) BUTYLPARABEN (AND) ETHYLPARABEN (AND) PROPYLPARABEN
Phase 5
CHLORPHENESIN                                        CHLORPHENESIN                                                        

Phase 6
SODIUM HYDROXIDE (10 % SOL.)            SODIUM HYDROXIDE                                                   
APPAREANCE:

White fluid lotion
PROPERTIES:

- pH = 5.7 ± 0.5
- Viscosity Brookfield RV (spindle A, speed  5) : approx. 3 200 mPa.s after 24h.
PROPRIÉTÉS:

- pH = 5,7 ± 0,5

Setiap formulasi di BLOG sudah dikenal dan banyak digunakan. saya berharap tidak terlalu sulit mendapatkannya di sekitar tempat tinggal anda ,formulasi meliputi sebuah daftar dari masing-masing bahan baku , persentase berat setiap bahan, dan cara membuatnya/prosedur.

Pada umumnya parfum dibuat dari bahan seperti:
1. Bibitparfum/ekstrak atsiri ,


sebagai bahan utama untuk yang sangat menentukan aroma produk
2. Alcohol 96% deodorized : Alcohol yang sudah dihilangkan baunya, sehingga parfum yang kita produksi lebih tajam tanpa adanya bau sampingan dari alcohol.
3. Aquadest : Air hasil destilasi ( Air yang didihkan, uap airnya ditampung, hasil tampungan uap air inilah yang disebut dengan aquadest), kita tidak perlu memproduksi sendiri aquadest, karena banyak tersedia di toko-toko bahan kimia ataupun di apotik.
4. MPG/Mono Propylene Glycol : Untuk formula pembuatan body spray ini, fungsi Propylene Glycol adalah pelembab, karena apabila kita hanya memakai alcohol saja sebagai pelarut parfum, kulit kita akan menjadi kering.
5. Fixolite : adalah Solubilizer pada campuran air, minyak,& alcohol. Fungsinya untuk formula ini, agar kita mendapatkan hasil yang bening (clear).
6. Pearl Fix : Fungsinya untuk memperpanjang daya Long Lasting dari parfum. Jadi dengan adanya penambahan bahan ini, parfum yang kita buat, baunya bisa tahan lebih lama. Untuk semua bahan baku, belilah yang Cosmetic/Pharmaceutical Grade, sehingga aman untuk kulit.
Pada pembuatan parfum sering kali hanya menggunakan ekstrak parfum dan alkohol, sebagian lagi menambahkan bahan pengikat/fixative ,untuk sekedar mendapatkan aroma , tanpa memperhatikan kualitas, kenyamanan dan keselamatan pemakainya.


Hubungi :
sugianto.gik256@gmail.com
Hp: 081313430785 ( mobile)
085736333405
03419694153
transfer ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI ) Cabang Kawi Malang, atas nama Ir.sugianto,
nomer rekening 0051-01-061262-50-1

39 komentar:

hendrafa mengatakan...

terima kasih pak Sugianto atas bagi2 ilmunya di internet. Saya ingin membuat parfum untuk pakaian laundry yg disemprot setelah selesai disetrika. Supaya wangi tahan lama bahan apa yg harus ditambahkan dan berapa kadarnya?, Pelarut yg baisa digunakan adalah etanol tapi harganya mahal sekali 25-30ribu seliter, Dapatkah saya menggantinya dengan metanol yg lebih murah? apa kekurangan metanol sebagai pelarut?
Terima kasih

hendrafa mengatakan...

lupa, email saya hendrafa@gmail.com

painah_gendeng mengatakan...

terima kasih atas infonya saya ingin tahu lebih lanjut ttg cara pembuatan dan kadar2 serta takaran bahan2 tersebut. email saya painah.sampir@gmail.com

erik mengatakan...

Thanks pak buat ilmu nya. say mau tanya gimana cara nya bikin parfume buat laundry yang disemprotkan ke pakaian sebelum di setrika. apa saja bahan nya. apakah bibit parfum nya sama dengan parfume buat badan itu?
thanks ya pak.
erik1979id@yahoo.com

Anonim mengatakan...

bos saya robby dari samarinda. saya mau tanya, tentang racikan parfum diatas. kok dpg ama fixative dipisahain ya? setau saya dpg itu kan salah satu fixative pada parfum, ada juga gliserin. pertanyaan saya adl apakah dpg bukan merupakan fixative?
seandainya bukan, jadi fixativenya sebaiknya menggunakan apa?

Sugianto mengatakan...

fixative artinya bahan pengikat parfum, biasa bahan ini adalah bahan yang tidak mudah menguap ,bisa saja digukana gliserin, propylene glikol, 2 produk ini kualitas nya sebagi pengikat kurang kuat tapi bisa !pearl fix (nama dagang) lumayan lah dan masih banyak yang lain

Anonim mengatakan...

wah.. artikel yg menarik. fixolite itu belinya di mana y...? merk dagangnya apa? kr2 berap harganya?
thank
yusuf_muawiyah@yahoo.com

Anonim mengatakan...

wah.. artikel yg menarik. fixolite itu belinya di mana y...? merk dagangnya apa? kr2 berap harganya?
thank
yusuf_muawiyah@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya masih bingung mencari pearl fix, bisa lebih detail nya pa? terimakasih :)

bisa hubungi email saya di nili0205@gmail.com

heru. mengatakan...

Bpk, adakah formula utk shampoo sejenis pentene (bkn shampoo salon) dgn extra lidah buaya? (heru.wn@gmail.com)

thoha mengatakan...

Ass pa gimana caranya untuk mendapatkan wangi parfum yang tahan lama dan wangi parfum yg tajam. apa pencampurnya. sy awam sekali dalam dunia parfum ini.wass Toha. email sy abu.thoha@gmail.com

Nur Hidayanto mengatakan...

Pak Sugi, saya Nur dari Jogja, tadi saya sudah sms dan telp ke nomor bapak, yg jawab ibu. Mohon bantuannya pak, mohon dikirim via email (junion81@yahoo.com) cara pembuatan parfum laundry, bahan2 + takarannya, serta harga bahan2nya. mohon juga info tempat jualan bahan2 tsb yg murah tapi kwlts bagus
salam,

-achie- mengatakan...

pak gik, saya mohon info nya untuk pembuatan detergent cair untuk mesin matic, pelembut serta parfum laundry nya ya pak gik, maturnuwun sebelumnya

toedy09 mengatakan...

Pak Sugi. Mohon bantuannya Pak, mohon dikirim via email cara pembuatan parfum laundry, bahan2 (merk dagang dan kisaran harganya) + takarannya. Mohon juga info bahan (merk dagang) yang tidak ramah lingkungan. Terima kasih,Pak.
Salam,
toedy09@gmail.com

Ichand mengatakan...

Pak, mohon infonya. tentang parfum isi ulang.. bisa di e-mailkan ke saya
mr.darusnal@gmail.com

Anonim mengatakan...

pak mohon penjelasan nya, di mana saya bisa mendapatkan penguat parfum tersebut, mohon bi,bingan nya. terima kasih. nabil_get@yahoo.com

Ikhsanudin mengatakan...

Pak saya Udin dari Yogyakarta. Mau taya, perbandingan bahan untuk parfum laundry apa aja bahanya dan perbandinganya berapa begitu pak.
terimakasih. lampir_205@yahoo.com

Ikhsanudin mengatakan...

Pak saya Udin dari Yogyakarta. Mau taya, perbandingan bahan untuk parfum laundry apa aja bahanya dan perbandinganya berapa begitu pak.
terimakasih. lampir_205@yahoo.com

Ikhsanudin mengatakan...

Pak saya Udin dari Yogyakarta. Mau taya, perbandingan bahan untuk parfum laundry apa aja bahanya dan perbandinganya berapa begitu pak.
terimakasih. lampir_205@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Pak sugianto saya fikram 19 thn, saya sekarang lagi merintis usaha parfum pak, yang ingin saya tambahkan jika saya ingin menambahkan Pearl Fix dan Aqua des itu dalam parfum 100 mili takarannya berapa-berapa mili ya pak ? mohon di jawaban bapak di email saya vickram.syawie@yahoo.com ...
Terima Kasih Banyak

Ardy mengatakan...

Yth Pak Sugianto,

Mohon berkenan email utk ingredients PERFUMES: Deodorized ethyl alcohol, Propylene Glycol, Fixative, Fragrance oil, purified water.

Berapa perbandingan masing-masing bahan di atas untuk 100 ml perfumes.

Matur suwun sanget.
ardyanto.srg@gmail.com

jonylie mengatakan...

Salam Pak Sugianto,

Saya ingin menanyakan komposisi pembuatan :
1. Parfum untuk laundry
2. deterjen untuk laundry
3. softener untuk laundry
Sekalian beserta grade2nya Pak

terima kasih
jony

Anonim mengatakan...

salam..
mohon informasinya cara membuat texaphon. saya punya usaha laundry. terimakasih.
dhanyleo@gmail.com

Anonim mengatakan...

Pak, mohon saya diberikan komposisi pembuatan parfum laundry, softener, parfum dan pelicin untuk laundry. Beserta gradenya masing-masing
Trims sebelumnya
email saya di utari_dd@yahoo.co.id

arie mengatakan...

wah keren nich artikelnya, saya juga pernah menulis artikel tentang parfum "tips menyimpan parfum agar tahan lama" kunjungi blogku ya sob, untuk membaca artikelnya, hehe... :)

ogisi55 mengatakan...

Pak... bagaimana cara membuat parfum laundry? saya sudah googling tapi yg ada cuma penjualan saja... bolehkah bapak bagi ilmunya :) Terima kasih

farasmiyosi@gmail.com

Anonim mengatakan...

Salam Pak Sugianto saya rinto di tangerang mohon bimbingan unrtuk pembuatan pewangi, detergent cair dan softener untuk kebutuhan laundry.

Terimakasih
arintonur@gmail.com

Angga Ss mengatakan...

Pak sugianto mohon bantuannya. Kebetulan saya punya usaha parfume refill. bahan kimia apa saja yg dibutuhkan untuk campuran bibit parfume supaya mendapatkan bau yg tajam, tahan lama dan tidak berbahaya bagi kulit?dan dimana saya bisa mendapatkannya/membelinya. Tolong email saya pak infonya angga.eses@yahoo.com
Terimakasih

Anonim mengatakan...

pa saya tertarik dengan parfum gel, bleh minta formulasiny pa
anonim.miim@yahoo.com

Anonim mengatakan...

pa saya tertarik dengan parfum gel, bleh minta formulasiny pa
anonim.miim@yahoo.com

Anonim mengatakan...

pa saya tertarik dengan parfum gel, bleh minta formulasiny pa
anonim.miim@yahoo.com

Anonim mengatakan...

pa saya tertarik dengan parfum gel, bleh minta formulasiny pa
anonim.miim@yahoo.com

Anonim mengatakan...

pa saya tertarik dengan parfum gel, bleh minta formulasiny pa
anonim.miim@yahoo.com

parfum-ori mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Parfum Ori
Tips Memilih Parfum yang baik dan Benar


--------------

Putra Gautama mengatakan...

terima kasih pak Sugianto atas bagi2 ilmunya di internet. Saya ingin membuat parfum untuk pakaian laundry yg disemprot setelah selesai disetrika. Supaya wangi tahan lama bahan apa yg harus ditambahkan dan berapa kadarnya?
dputragautama@gmail.com

Putra Gautama mengatakan...

terima kasih pak Sugianto atas bagi2 ilmunya di internet. Saya ingin membuat parfum untuk pakaian laundry yg disemprot setelah selesai disetrika. Supaya wangi tahan lama bahan apa yg harus ditambahkan dan berapa kadarnya?
dputragautama@gmaip.com

Anonim mengatakan...

Terima kasih Pak Sugianto atas sharing ilmunya. Saya jd tertarik untuk meracik parfum sendiri. Tp ada beberapa pertanyaan yg mau saya tanyakan nih Pak, yg pertama: bibit parfum yg bagus mereknya apa dan dimana saya bisa mendapatkannya? Yg kedua: dimana saya bs mendapatkan pearl fix? Yg ketiga: berapa perbandingan antara bibit parfum,alkohol,air destilasi, dan pearl fix untuk membuat parfum 50ml?
Mohon bimbingannya Pak, saya ucapkan terima kasih banyak sebelumnya
sebelumnya.
Anton_suhara@yahoo.com

-Salam wangi-

Anonim mengatakan...

Terima kasih Pak Sugianto atas sharing ilmunya. Saya jd tertarik untuk meracik parfum sendiri. Tp ada beberapa pertanyaan yg mau saya tanyakan nih Pak, yg pertama: bibit parfum yg bagus mereknya apa dan dimana saya bisa mendapatkannya? Yg kedua: dimana saya bs mendapatkan pearl fix? Yg ketiga: berapa perbandingan antara bibit parfum,alkohol,air destilasi, dan pearl fix untuk membuat parfum 50ml?
Mohon bimbingannya Pak, saya ucapkan terima kasih banyak sebelumnya
sebelumnya.
Anton_suhara@yahoo.com

-Salam wangi-

Mega Silfiana tarigan mengatakan...

Klo boleh tw perbandingan dari masing2 bahan trsebut gmna ya nentuinny biar wanginy bertahan lama ?
Trima kasih
Megasilfiana79@gmail.com