Jumat, 09 April 2010

REFILL WHITE BOARDMARKER INK

WHITEBOARD DAN TINTA BOARDMARKER
membuat produk kimia rumah tangga
Papan Whiteboard
Whiteboard adalah papan putih dengan permukaan halus ( glossy ) digunakan alat yang digunakan untuk menulis spidol, sebagai ganti papan blackboard yang biasanya menggunakan kapur tulis. Permukaan whiteboard harus halus ( glossy ) dan tidak menyerap tinta spidol sehingga tulisan mudah dihapus.
Pada pertengahan dekade 70-an whiteboard mulai dipasarkan di Inggris. Di Indonesia mulai popular dipakai awal dekade 90-an. Saat ini sebagian besar sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia sudah memakainya.
Jenis Whiteboard :
1. Melamine, yaitu papan whiteboard yang terbuat dari resin melamine yang dilapiskan pada permukaan papan, biasanya papan jenis kayu lapis ( plywood ). Ini yang banyak digunakan di sekolah - sekolah di Indonesia.
2. Paper Laminate Board, terbuat dari kertas jenis duplex atau evory warna putih dilapisi plastik laminasi, biasanya dicetak dengan desain bagus untuk papan rencana kerja.
3. Papan magnetik, jenis papan whiteboard melamin yang dilapisi logam didalamnya sehingga magnet dapat menempel.
4. Porcelain, enamel on steel, permukaan terbuat dari keramik yang dilapiskan di papan baja. Tulisan sangat mudah dihapus, bahkan jenis spidol permanen pun dapat dihapus.
Spidol Whiteboard
Spidol yang dalam bahasa Inggris maker pen / felt-tip pen adalah jenis pena yang mata penanya terbuat dari fiber yang dipadatkan dengan resin tertentu sehingga berfungsi untuk mengalirkan tinta dari fiter penyimpan tinta ke permukaan objek yang dikehendaki ( ditulis ).
Spidol ada dua jenis :
1. Permanen, jenis spidol yang hasil tulisannya tidak dapat dihapus
2. Non permanen disebut spidol whiteboard, diluar negeri sering disebut dry eraser marker yaitu jenis spidol yang menggunakan tinta yang mudah dihapus, tulisan mudah dihapus pada objek non-porous ( tidak berpori-pori ) seperti papan whiteboard, plastik mudah dihapus.
Spidol whiteboard menurut jenis pelarut tintanya dibedakan atas :
1. Solventbase Non-alcohol, pelarut tintanya dari jenis tiner yang non alkohol
• Keunggulan : warna tulisan cemerlang dan pekat. Jenis ini di Indonesia sangat populer mungkin lebih 80% memakai jenis ini.
• Kekurangan : jenis tintanya beraroma menyengat dan mengandung jenis tiner xylene dan Toluene ( bahan ini dilarang di beberapa negara Eropa karena berbahaya bagi kesehatan ).
2. Alcoholbase : pelarut tintanya dari jenis alkohol
• Keunggulan : Aroma rendah tidak menyengat seperti aroma spiritus. Biasanya tidak mengandung tiner Xylene dan Toluene.
• Kekurangan : Sebagian besar merk yang beredar warna tulisan kurang tajam, ada beberapa merk cukup tajam tulisannya. Di Indonesia saat ini kurang populer penggunaannya walaupun sudah banyak merk yang beredar.
3. Waterbase : pelarutnya dari air.
• Keunggulan : Aroma rendah dan sangat aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.
• Kekurangan : kurang praktis penggunaannya, di China dan Jepang ada dua jenis yaitu washable kalau tulisan sudah kering susah dihapus dan harus memakai bantuan air untuk menghapusnya dan jenis dry erasable ( dapat dihapus tanpa bantuan air ), jenis ini tintanya tidak stabil sehingga harus memakai jenis spidol yang memakai katup dan ruang penyimpan tintanya ada bola-bola baja ( gotri ) untuk mengocoknya saat akan digunakan menulis, seperti jenis spidol metallic.
Cara Bekerja Spidol Whiteboard pada papan
Cara bekerja spidol berbeda dengan kapur tulis. Kalau kapur tulis, kapur digoreskan pada papan menempel meninggalkan noda / tulisan sehingga kapur tulis berkurang. Kalau spidol dituliskan mata spidol akan mengalirkan tinta dari filter penyimpan tinta yang ada di dalam pena spidol ke papan whiteboard sehingga meninggalkan noda / tulisan. Tinta terbuat dari emulsi bahan padat dan bahan cair. Bahan padat ini pewarna dan resin yang menempel saat spidol dituliskan dan bahan cair yaitu pelarutnya ( solvent ) setelah beberapa saat bahan cair ini menguap dan bahan padat tertinggal sebagai tulisan. Bahan cair ini tidak sehat kalau terserap pernapasan karena bersifat toxic apalagi kalau mengandung bahan berbahaya seperti Xylene dan Toluene.
Spidol Whiteboard atau disebut Boardmarker merupakan kebutuhan utama dalam kegiatan belajar di sekolah, perguruan tinggi, kantor atau lembaga pendidikan lainnya. Untuk menghemat biaya dalam penggunaan spidol biasanya memakai tinta isi ulang / refill. Ini merupakan kebutuhan rutin dan penggunaannya cukup banyak.
Spidol whiteboard dan refill tintanya di pasaran harganya cukup mahal, kebanyakan impor atau lisensi. Sementara produksi dalam negeri masih terbatas. Memang ada beberapa produksi refill ink lokal yang murah tapi kualitas kurang sehingga dalam penggunaannya menimbulkan masalah seperti sulit dihapus, warna tidak cemerlang.

Apakah anda berpikir untuk mencoba untuk memanfaatkan peluang yang terbuka ini, pasar Spidol Whiteboard atau Refill Inknya?

4 komentar:

aklaundry mengatakan...

pa kalau bisa saya minta formulanya...

akasidhi2@gmail.com

Anonim mengatakan...

bos,kalo boleh kami dikirimi formulanya untuk buat refill whiteboardmarker ink, ini untuk sekolahan agar bisa ngirit biaya ... . trims bantuannya.

mochamadnasikhin@gmail.com

Anonim mengatakan...

boz, kalo bisa kami dikasih formulanya, refill whiteboard, ini untuk memenuhi kebutuhan sekolahan. agar lebih ngirit gitu. trims bantuannya.

mochamadnasikhin@gmail.com

Muhammad Taufiq mengatakan...

Pak, bisakan saya minta komposisi kandungan kimia spidol whiteboard?
untuk dasar penelitian.
taufiqvaganza@gmail.com

nuwun