Rabu, 11 Februari 2015

Tol Laut melintasi Bundaran HI (Hotel Indonesia)......Istana Negara .......Fantastis!


Istana Banjir, Jokowi Akan Panggil Ahok

Selasa, 10 Februari 2015 | 06:04 WIB
KOMPAS/LASTI KURNIA Sebagian ruas jalan Medan Merdeka Utara di depan Istana Negara tergenang, Jakarta, Senin (9/2). Curah hujan yang tinggi membuat ruas-jalan utama di pusat kota Jakarta tergenang air.

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo akan segera memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk membahas banjir yang terjadi di kompleks istana kepresidenan, Senin (9/2/2015) kemarin.
"Tadi saya di-SMS oleh Pak Gubernur bahwa istana banjir, tapi saya belum bicara secara detail. Mungkin besok saya undang Pak Gubernur," kata Jokowi saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Selasa (10/2/2015) dini hari.
Jokowi berpendapat, saat ini cara terbaik untuk mengatasi banjir di Jakarta adalah dengan membuat terowongan dari Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. "Kalau itu selesai, akan kurangi banyak (debit air)," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
Selain itu, Jokowi mengatakan bahwa mulai tahun ini akan dimulai pembebasan tanah dan pembangunan waduk di kawasan Ciawi, Bogor. Jokowi menyadari bahwa pembangunan waduk tersebut tidak akan selesai dalam waktu dekat, tetapi ia berupaya untuk mempercepat realisasinya. Jokowi mengaku akan terus memantau pembangunan kedua proyek itu.
Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin kemarin mengakibatkan timbulnya genangan air di Ibu Kota. Di Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Merdeka, banjir terjadi dengan kedalaman air hingga 30 cm. Di bagian dalam kompleks istana pun terjadi banjir, tepatnya di gedung Wisma Negara yang menjadi tempat tinggal Presiden bersama Ibu Negara. Ketinggian air yang masuk ke dalam istana kira-kira 10 cm.


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Laksono Hari Wiwoho
Saat Jakarta Banjir, Hotel Ini Penuh Tamu
Jumat, 18 Januari 2013 | 14:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Imbas banjir Jakarta yang membuat Bundaran Hotel Indonesia (HI) terendam pada Kamis (17/1/2013) berdampak pula pada hotel-hotel berbintang di seputar kawasan ini. Di satu sisi, pada hari tersebut terjadi pembatalan pemesanan kamar, seperti yang terjadi di Hotel Mandarin Oriental Jakarta.
"Kemarin ada beberapa cancellation (pembatalan)," kata Public Relations Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Malinda Yasmin, di Jakarta, Jumat (18/1/2013).
Namun, lanjut Malinda, di sisi lain justru terjadi peningkatan okupansi akibat banyak tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir.
"Justru banyak warga yang tinggal di daerah Menteng dan kantor sekitar yang nginap di Mandarin," katanya.
Ia mengaku rata-rata tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir hanya menginap semalam dan sebagian besar sudah lapor keluar hari ini. Sedangkan kemarin, menurut Malinda, okupansi di Hotel Mandarin Oriental Jakarta nyaris 100 persen.
Hal serupa terjadi di Hotel Pullman Jakarta yang berada persis di sebelah Gedung Wisma Nusantara, masih di kawasan Bundaran HI. Seperti diungkapkan Public Relations Hotel Pullman Jakarta, Amel, hotel tersebut kemarin penuh oleh tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir.
"Fully booked (penuh), malah karena banyak yang pada ngungsi atau memperpanjang staying period-nya (lama menginap)," tambah Amel.
Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana

Tidak ada komentar: