Selasa, 29 Maret 2016

Drone Phantom 4 Bisa Terbang Sendiri Tanpa Perlu Dikendalikan

DJI DJI Phantom 4
KOMPAS.com - DJI baru saja mengumumkan drone Phantom 4 terbaru. Hal menarik dari pesawat tanpa awak ini adalah kemampuannya terbang tanpa harus dikendalikan pengguna.Ya, Phantom 4 memang bisa melihat halangan apa saja yang ada di hadapannya ketika terbang, kemudian menghindarinya. Bahkan pengelihatan tersebut membuatnya bisa melacak objek tertentu.

Dengan kata lain, DJI telah memperbarui kemampuan penglihatan komputer pada pesawat tanpa awak ini sehingga melampaui kendali otomatis yang selama ini digunakan di perangkat sejenis.Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (2/3/2016), ada lima unit kamera yang tertanam pada Phantom 4. Kamera-kamera inilah yang dipakai memetakan dunia sekeliling pesawat tanpa awak itu.

Lima unit kamera tersebut terdiri dari sebuah kamera 4K, dua kamera menghadap depan dan dua kamera di bagian bawah. Phantom 4 membuat model 3D dari dunia yang ditangkap kamera tersebut, mengubahnya menjadi data untuk navigasi dan bisa mengetahui halangan dari jarak kurang lebih 14 meter.Alhasil, mengoperasikan drone ini jadi lebih mudah dari model sebelumnya.

Pengguna bisa menggunakan fitur baru bernama Tap Fly untuk mengarahkan Phantom 4 ke suatu tempat, hanya dengan menyentuhkan jari ke area dimaksud di dalam tayangan live view. Drone akan terbang dengan sendirinya dan menghindari halangan secara otomatis.Fitur lainnya adalah Active Tracker. Seperti sudah disebutkan, ini membuat pesawat tanpa awak bisa melacak atau mengikuti objek tertentu.

Objek yang diikuti tak harus menggunakan alat pemancar atau aksesori khusus. Phantom 4 bisa mengikuti objek yang sudah ditentukan dengan cara menjaganya tetap berada di dalam bidikan frame kamera.
Kemampuan lainnya antara lain durasi terbang yang diperpanjang menjadi 28 menit atau sekitar 5 kilometer. Inti pesawat tanpa awak itu terbuat dari magnesium sehingga lebih ringan dan responsif terhadap perintah.
Editor : Oik Yusuf
Sumber: PetaPixel

Tidak ada komentar: