Jumat, 22 April 2016

Kembangkan Maritim, Presiden Jokowi Tinjau Pelabuhan di Rotterdam

Muhammad Iqbal - detikNews Rotterdam - Usai menggelar pertemuan dengan PM Mark Rutte, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Port of Rotterdam yang merupakan salah satu pelabuhan tertua dan tersibuk di dunia. Kunjungan ini terkait visi Jokowi soal poros maritim dunia.

Presiden Jokowi tiba di pelabuhan Maasflakt II, Rotterdam, Belanda, Jumat (22/4/2016) sekitar pukul 10.45 waktu setempat atau 15.45 WIB. Turut mendampingi Jokowi, Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Melanie Schultz.

Presiden Jokowi meninjau Port of Rotterdam (M Iqbal/detikcom)
Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutalab dan CEO Port of Rotterdam Allar Castelein. Mereka lalu masuk ke dalam kapal yang sudah disediakan. Di dalam kapal yang akan berlayar, sudah ada belasan pengusaha asal Indonesia dan Belanda yang terkait dengan maritim dan infrastruktur. Kedatangan Jokowi ingin mengetahui pengelolaan air di Belanda, pengembangan pelabuhan hingga kebijakan maritim.
Presiden Jokowi meninjau Port of Rotterdam (M Iqbal/detikcom)
Wali Kota Ahmed Aboutalab dalam sambutannya mengatakan sudah pernah ke Jakarta dan melihat beberapa masalah perairan yang dihadapi. Dia berharap kunjungan ini dapat membantu pengembangan maritim Indonesia.. "Saya tidak akan lupa saat ke Jakarta dan anda cerita bagaimana mengatasi banjir," ucap wali kota beragama Islam tersebut. Ahmed Aboutalab juga cerita soal perdamaian dan toleransi antar kedua negara. Sementara itu, Menteri Maritim Belanda Melanie Schultz mengatakan baru saja ditandatangani kerja sama Indonesia-Belanda dalam bidang maritim saat bertemu PM Routte.
Port of Rotterdam (M Iqbal/detikcom)
"Saya sudah ke Pluit untuk melihat masalah di Jakarta," ucap Melanie Schltz.
Usai paparan singkat keduanya, Jokowi dalam pelayaran dari pelabuhan Maasflakt II tersebut menyaksikan kondisi pelabuhan sambil berbincang dengan pihak Belanda dan menterinya.

Turut mendampingi Jokowi, Menlu Retno Marsudi, Mendag Thomas Lembong, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Seskab Pramono Anung dan Kepala BKPM Franky Sibarani serta lainnya.

Sekitar pukul 11.40 waktu setempat atau 16.40 WIB, Presiden dan rombongan tiba di pelabuhan Hoek Van Holland. Presiden selanjutnya akan bergerak kembali ke hotel untuk menghadiri forum bisnis.
(miq/hri)

Tidak ada komentar: