Rabu, 06 April 2016

Rangkaian Realsisasi TOL laut JOKOWI hubungkan Aceh-Papua

Pelabuhan Wasior Papua, Tol Laut di Indonesia Timur

Ikhwanul Khabibi - detikfinance Selasa, 05/04/2016 19:45 WIB 
Teluk Wondama -Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar fokus untuk mewujudkan misi tol laut yang menghubungkan Sabang-Merauke. Jokowi hari ini meresmikan Pelabuhan di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat yang digadang-gadang akan menjadi pelabuhan penghubung dalam program tol laut di Pulau Papua.
"Bapak ibu dan saudara-saudara sekalian, kenapa pelabuhan dibangun? Kenapa airport juga dibangun di titik-titik terluar di negara kita ini karena kita ingin mempersatukan seluruh kabupaten,  seluruh provinsi yang ada di negara kita. Jadi masyarakat Aceh bisa naik kapal ke Jawa, Sulawesi, Maluku langsung kalau mau ke Wasior," kata Jokowi di Wasior, Papua Barat, Selasa (5/4/2016).

Jokowi: Tol Laut Hubungkan Aceh dengan Papua

\Jokowi: Tol Laut Hubungkan Aceh dengan Papua\
Presiden Joko Widodo (Foto : Okezone)
WASIOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, program tol laut akan benar-benar terealisasi, jika semua kapal tersambung dengan seluruh pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia. Salah satu pelabuhan yang menjadi bagian dari program tol laut adalah Pelabuhan Wasior yang baru saja diresmikan.
"Menjadi salah satu bagian program tol laut yang kita harapkan mempersatukan kita dari Aceh sampai ke tanah Papua. Dan selain itu juga selesai dibangun di 2015, ada 27 pelabuhan laut, termasuk salah satunya di sini dan nanti dalam proses multiyears masih ada 68 pelabuhan lagi," ucap Jokowi di Pelabuhan Wasior, Papua Barat, Selasa (5/4/2016).
Jokowi menambahkan, program tol laut akan membuat konektivitas antar pulau antar provinsi tersambung. Sehingga, harga-harga barang akan sama semua di daerah. Untuk itu, dibutuhkan kapal-kapal terjadwal yang rutin mengelilingi pelabuhan agar tercipta konektivitas yang diinginkan.

"Ini kalau bisa segera selesai dan ada kapal yang rutin terjadwal selalu berputar-putar pada pelabuhan yang ada, sehingga pelabuhan-pelabuhan yang ada itu namanya tol laut benar-benar akan tersambung," papar Jokowi.
Menurut Jokowi, hingga saat ini, sudah ada empat rute program tol laut sudah diresmikan. Pada 2016, akan ada enam rute tol laut yang akan ditambah.
"Sekarang sudah ada empat rute, tahun lalu tiga. Jadi penambahan-penambahan seperti itu memperbaiki distribusi barang maupun mobilisasi murah dari tempat satu ke tempat lain," jelasnya.
Lanjut Jokowi mengatakan, dengan adanya konektivitas, maka akan mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.
"Ini lah cara mempersatukan kita ya konektivitas, entah itu lewat udara dengan airport-airport yang ada atau lewat pelabuhan dengan kapal-kapal yang ada. Tapi memang kapal itu harus ada rutin terjadwal. Dulu itu belum ada itu. Yang ada harus itu, jelas. Barangnya disiapkan jelas, orangnya mau naik kapal juga jelas . Kuncinya ada di situ," tukasnya.(rai)
(rhs)

Jokowi: Jalur Kereta Papua Dibangun Semester II Tahun Ini

Ikhwanul Khabibi - detikfinance,Selasa, 05/04/2016 21:20 WIB
Jokowi: Jalur Kereta Papua Dibangun Semester II Tahun Ini Foto: Michael Agustinus
Manokwari -Infrastruktur di daerah Indonesia timur, terutama Papua menjadi salah satu fokus program pembangunan Jokowi. Setelah pembangunan jalan raya, pelabuhan dan perbaikan beberapa bandara, tengah tahun ini akan mulai dibangun jalur kereta api yang membelah Bumi Cenderawasih itu.

"Insya Allah semester dua tahun ini. Dimulai entah dari Manokawari atau Sorong, kita lihat semester dua jalur kereta api di tanah Papua," kata Jokowi di Manokwari, Papua Barat, Selasa (5/4/2016).

Meskipun belum ditentukan akan dimulai dibangun di Sorong atau Manokwari, Presiden sudah bisa memastikan masyarakat Papua bisa segera menikmati layanan kereta api. Hal ini tentu akan menjadi sejarah tersendiri, ada kereta api di Papua.

Selain proyek pembangunan jalur kereta api, Jokowi juga masih punya beberapa proyek infrastruktur lain di Papua. Yang paling menonjol adalah pembangunan jalan raya dan pelabuhan.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa Pelabuhan Wasior adalah salah satu bagian dari program tol laut yang kita harapkan akan mempersatukan kita dari Aceh sampai tanah Papua. Selain itu juga selesai dibangun di 2016 ada 27 pelabuhan laut termasuk salah satu di sini dan nanti ada dalam proses multiyear masih ada 68-an," jelas Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan kepada Menteri Perhubungan untuk membangun bandara-bandara tambahan di Papua. Perbaikan dan perpanjangan runway di beberapa bandara di Papua juga menjadi instruksi khusus Presiden.

"Bandara dibangun dimulai dengan runway yang panjang tapi tugasnya Pak Gubernur dan Pak Bupati menyiapkan lahan dan tahun depan airportnya dibangun biar pesawat gede bisa turun. Masa runwaynya hanya pendek," tegas Jokowi.(kha/hns)

Tidak ada komentar: