Senin, 04 April 2016

Tol Laut Jembatan sepanjang 1.140 meter Diresmikan Presiden Jokowi

Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini

Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini Foto: Dok. Kementerian PUPR
Ambon -Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore nanti dijadwalkan meresmikan jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur, yakni Jembatan Merah Putih, yang membelah Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku. Dari informasi yang diterima detikFinance, Senin (4/3/2016), Jokowi yang tiba langsung dari Jakarta dengan pesawat kepresidenan, dan meresmikan Jembatan Merah Putih pada pukul 15.00 WIT.

Selain meresmikan Jembatan Merah Putih, Jokowi juga akan meresmikan 6 pelabuhan yang baru dirampungkan Kementerian Perhubungan. Kunjungan Jokowi ke Maluku dijadwalkan berlangsung 2 hari.
Sebagai informasi, Jembatan Merah Putih di Ambon dibangun sejak Juli 2011 dan baru selesai pada Maret 2016. Jembatan sepanjang 1.140 meter ini terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter.
Kedua, jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter, dan ketiga, jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter. Sedangkan tinggi jembatan ini mencapai 34,1 meter di atas permukaan laut.
Pembangunan jembatan ini memakan dana kurang lebih Rp 772,9 miliar. Dengan terbangunnya Jembatan Merah Putih, akses perjalanan di kawasan Teluk Ambon lebih mudah. Salah satunya dari Bandara Pattimura menuju ke tengah Kota Ambon yang sebelumnya memakan waktu 1 jam, menjadi hanya 10-15 menit saja.
(wdl/wdl)

Tidak ada komentar: