Rabu, 18 Mei 2016

Asam Urat Normal Menurut WHO

Asam urat adalah bagian dari metabolism purin, namun apabila tidak berlangsung secara normal maka akan terjadi sebuah proses penumpukan Kristal dari asam urat pada persendian yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup tinggi. Sebenarnya asam urat sudah ada pada tubuh kita dan bukan suatu penyakit, asal asam urat tersebut dalam nilai yang normal.
Banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui berapa nilai kadar normal asam urat dalam tubuh kita. Nah kali ini saya akan menjelaskan kadar Asam Urat Normal Menurut WHO. Namun sebelum menjelaskan kadar asam urat tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dari asam urat tersebut.Asam Urat Normal Menurut WHO

    Penyebab asam urat menjadi tinggi

  • Metabolisme purin yang berlebihan, hal ini biasanya terjadi apabila kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti jeroan, makanan kaleng, seafood, serta kaldu daging. Pengurangan sumber protein hewani bisa diimbangi dengan mengkonsumsi sumber protein nabati seperti tahu, tempe, terong, jamur, kacang-kacangan dan lain-lain
  • Adanya faktor genetik atau riwayat dari keluarga yang menderita asam urat, hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya gejala asam urat semakin tinggi. Genetik adalah faktor resiko, jika kita bisa menjaga pola hidup sehat maka kita bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit asam urat.
  • Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, alkohol merupakan salah satu zat yang dapat menghambat proses pengeluaran asam urat dalam tubuh manusia.
  • Mempunyai berat badan yang berlebih juga bisa memicu meningginya kadar asam urat, hal ini terjadi karena lemak yang ada dalam tubuh orang yang gemuk dapat menghambat proses keluarnya asam urat dalam urin. Ada baiknya untuk menurunkan berat badan agar tidak terlalu gemuk dan lakukan penurunan berat badan dengan cara yang sehat.
  • Adanya gangguan pada fungsi ginjal, proses keluarnya asam urat bersama urin adalah melalui ginjal. Apabila terjadi gangguan pada fungsi ginjal maka proses keluarnya asam urat juga akan terganggu.
  • Faktor usia juga menjadi pemicu terjadinya asam urat yang tinggi terutama pada laki-laki, hal ini karena laki-laki yang sudah menginjak usia 30 tahun memiliki asam urat di dalam darah lebih tinggi bila dibandingkan dengan wanita. Para wanita baru akan mengalami asam urat meningkat ketika ia sudah menopause.
  • Dan yang terakhir adalah kurang minum air putih (baca Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Untuk Diet), kurangnya minum air putih/mineral dapat memicu terjadinya pengendapan pada asam urat serta dapat menghambat keluarnya asam urat.
Setelah mengetahui beberapa penyebab dari asam urat yang meninggi, kali ini saya akan mengulas tentang kadar Asam Urat Normal Menurt WHO.

    Kadar asam urat normal menurut WHO

  1. Pada laki-laki dewasa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  2. Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL, pada wanita 2 – 8 mg/dL
  3. Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL

Tidak ada komentar: