Rabu, 04 Mei 2016

Muenchen Menang, Atletico Madrid ke Final Liga Champions

Yova AdhiansyahMuenchen Menang Atletico Madrid ke Final Liga Champions Bayern Muenchen meraih kemenangan dramatis melawan Atletico Madrid di laga leg kedua semifinal Liga Champions. Namun mereka gagal lolos ke final / Reuters
MUENCHEN - Bayern Muenchen meraih kemenangan dramatis melawan Atletico Madrid di laga leg kedua semifinal Liga Champions dengan skor 2-1 di Allianz Arena, Rabu (4/5/2016) dini hari WIB. Sayangnya, keberhasilan Robert Lewandowski masih belum mampu mengantarkan The Bavarians lolos ke final setelah mereka kalah agretivitas gol tandang.

Pada laga ini para pemain Muenchen seperti memikul beban di pundak mereka kala menjamu Atletico Madrid. Maklum, tuan rumah setidaknya harus mencuri gol demi menyelamatkan peluang mereka lolos ke partai pemungkas di kompetisi bergengsi antarklub Eropa setelah takluk di leg pertama dengan skor 0-1.

Alhasil, sejak menit pertama dimulai Muenchen seperti tidak memberikan kesempatan kepada tim lawan untuk melakukan serangan. Beberapa para pemain Muenchen terlihat melakukan ancaman dengan melepaskan tendangan ke mulut gawang Atletico Madrid. Namun sepanjang 10 menit pertandingan berlangsung, para pemain tim tamu begitu solid menjaga pertahanan mereka.

Kran gol tuan rumah pun akhirnya berhasil dibuka oleh Xabi Alonso di menit 31. Berawal dari tekel telat Augusto terhadap Alaba berbuah free-kick di depat kotak penalti. Gelandang bertahan Muenchen mengeksekusi bola dan si kulit bundar mengenai kaki Gimenez untuk berubah arah dan menaklukkan Oblak.

Itu merupakan gol ketiga Alonso di Liga Champions dan pencapaian itu diselesaikannya melalui tendangan bebas. Sementara itu ini merupakan Kebobolan pertama Atletico Madrid dalam 633 menit.

Unggul satu gol makin menambah kepercayaan diri pemain Guardiola dan tiga menit kemudian tuan rumah nyaris menambah gol kedua di pertandingan ini setelah Gimenez gagal mengantisipasi pergerakan Martinez dan tidak ada cara lain untuk mengantisipasi pergerakan bintang Bayern tersebut kecuali menghentikannya dengan paksa. Wasit tidak ragu menunjuk titik putih. Sayang, Oblak berhasil menggagalkan eksekusi penalti Thomas Mueller.
Hingga paruh pertama usai kedudukan 1-0 untuk tuan rumah bertahan. Memasuki babak kedua, permainan Muenchen tak berubah. Mereka tetap mendominasi jalannya pertandingan. Sedang tim tamu lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Muenchen sedikit lengah. Melalui serangan balik yang cepat Fernando Torres dengan cerdik melepaskan umpan silang kepada Antoine Griezmann dan pemain berpaspor tersebut dengan cepat menyambar umpan tersebut sebelum akhirnya mengonversikannya menjadi gol setelah Neuer gagal memblok sepakan kaki kiri striker Atletico Madrid.

Kedudukan 1-1 makin membuat pertandingan berlangsung panas. Namun Muenchen mampu mengubah keadaan atau sedikit membuka asa lolos ke final setelah tandukan Lewandowski tidak mampu diamankan Oblak usai menerima umpan Vidal.

Enam menit sebelum pertandingan usai Atletico Madrid berpeluang menyamakan kedudukan setelah ia mendapat pelanggaran keras dari pemain bertahan tuan rumah. Wasit pun menunjuk titik putih, padahal jika dilihat dari tayangan ulang posisi pelanggaran justru berada di luar kotak penalti.

Singkat kata, penampilan Neuer di bawah mistar gawang patut diacungi jempol setelah sepakan kaki kanan Torres mampu diblok dengan baik. Namun demikian, Muenchen tidak mampu menambah gol di sisa pertandingan dan secara otomatis tim tamu berhasil meneruskan tren positif mereka lolos ke final seperti musim 2013/2014 setelah menang agretivitas gol tandang.

Tidak ada komentar: