Minggu, 15 Mei 2016

Tips Alami Menurunkan & Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Gejala Hipertensi Pada UmumnyaTips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami - Tekanan darah tinggi atau Highblood pressure berkontribusi lebih dari 15% kematian di Amerika Serikat, menurut sebuah studi Harvard terbaru dan termasuk penyakit yang menimbulkan banyak kasus kematian di dunia. Meskipun tidak menimbulkan gejala, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko kematian seperti serangan jantung dan stroke, aneurisma, penurunan kognitif, dan gagal ginjal. Sehingga menurunkan atau menstabilkan tekanan darah merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut.

Di Indonesia sendiri kasus kematian karena tekanan darah tinggi termasuk yang terbesar. Penggunaan obat-obatan yang dapat menurunkan tekanan darah, hal itu dapat menyebabkan efek samping seperti kram kaki, pusing, dan insomnia. Nah kali ini saya akan sedikit share cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa obat-obatan kimia yang akan membantu menurunkan atau menstabilkan tekanan darah anda tanpa efek samping..

Menurut situs kesehatan dunia Web MD Hipertensi atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole).

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Berikut ini adalah tips cara menurunkan & menstabilkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa penggunaan obat-obatan kimia yang berpotensi merugikan kesehatan bagi penderita tekanan darah tinggi, jika anda rutin melakukan tips berikut ini maka tekanan darah tinggi anda dapat anda turunkan secara signifikan.

Tips Menurunkan & Menstabilkan Tekanan Darah

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Jalan Sehat
Menurut beberapa lembaga penelitian menyebut bahwa jalan sehat mampu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah dengan efektif. Pasien hipertensi yang sering melakukan jalan cepat terbukti mampu menurunkan tekanan darah hampir 8 mmHg. Jalan cepat membantu penggunaan oksigen jantung lebih efisien, sehingga tidak bekerja keras untuk memompa darah. Untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah secara efektif dan efisien sebaiknya lakukan jalan cepat minimal 30 menit setiap hari dalam seminggu. Coba tingkatkan kecepatan atau jarak setiap anda melakukan jalan cepat.

Tarik napas panjang
Pernapasan lambat dan beberapa praktik meditasi seperti qigong, yoga, tai chi, meditasi dan hal serupa terbukti mampu meningkatkan renin, mengatasi masalah hormonal, dan dalam hal ini mampu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Coba lakukan teknik meditasi 5 menit di pagi hari dan di malam hari untuk membantu menurunkan tekanan darah anda secara efektif. Tarik napas dalam-dalam dan lakukan teknik pernapasan perut Anda. Buang napas dan lepaskan semua ketegangan Anda. Jika anda rutin melakukannya maka tekanan darah anda mampu diturunkan dan dapat membuat tekanan darah anda menjadi lebih stabil.

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Kalium
Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya kalium adalah bagian penting dari setiap program menurunkan tekanan darah dan mampu menstabilkan tingkat tekanan dalam darah anda, menurut Linda Van Horn, PhD, RD, profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg School. Konsumsi bahan makanan yang memiliki tingkat kalium dari 2.000 sampai 4.000 mg per hari. Sumber bahan makanan yang kaya kalium termasuk ubi jalar, tomat, jus jeruk, kentang, pisang, kacang merah, kacang polong, blewah, melon, dan buah-buahan kering seperti plum dan kismis. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan kalium ini disinyalir dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan menstabilkan tingkat tekanan darah.

Hindari Konsumsi Garam
Seperti kita ketahui bahwa garam mampu meningkatkan tekanan dalam darah anda. Hindari asupan makanan yang menggunakan garam untuk menurunkan kadar tekanan darah dan menstabilkannya. Setengah sendok teh garam mengandung sekitar 1.200 mg sodium. Sodium terbukti mampu meningkatkan tekanan darah. Nah untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah dan menstabilkannya kurangi asupan makanan yang banyak mengandung garam.

Mengkonsumsi Coklat Hitam
Varietas coklat hitam mengandung flavanols yang berguna untuk membuat pembuluh darah lebih elastis. Dalam sebuah penelitian, 18% pasien yang makan setiap hari mengkonsumsi coklat hitam ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tingkat tekanan darah. Mengkonsumsi ½ ons coklat hitam setiap hari (pastikan mengandung setidaknya 70% kakao) adalah cara terbaik menurunkan tekanan darah anda dan membuat aliran dan tekanan darah anda menjadi lebih stabil.

Hilangkan Kebiasaan Minuman Beralkohol
Menurut beberapa lembaga survey kesehatan semakin sedikit Anda minum minuman beralkohol, semakin rendah tekanan darah Anda.Itu berarti dengan menghindari atau setidaknya mengurangi asupan minuman beralkohol terbukti efektif mampu menurunkan kadar tekanan darah dan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

Hindari Kopi Berkafein tinggi
Kopi yang mengandung kafein tinggi mampu meningkatkan kinerja jantung untuk memompa darah, sehingga saat anda meminum kopi dengan kandungan kafein tinggi jantung anda akan terasa berdebar debar. Nah jika kemampuan kerja jantung meningkat tentunya aliran darah juga akan meningkat beitu juga dengan tekanan darah. Hindari minum kopi yang berkafein tinggi, jika anda tidak bisa meninggalkan kopi lebih baik baik meminum kopi yang tidak mengandung kafein tinggi. Hal ini mampu menurunkan tekanan darah dan mampu menstabilkannya.

Meminum Teh
Beberapa penelitian membuktikan bahwa seseorang yang menderita tekanan darah tinggi yang suka minum teh hibiscus 3 kali setiap hari mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar rata rata 7 poin dalam 6 minggu. Apalagi teh herbal yang berisi ramuan teh dan ekstrak kembang sepatu yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah anda.

Kurangi Aktifitas Bekerja terlalu berat
Seseorang yang bekerja 41 jam per minggu di kantor menimbulkan risiko hipertensi sebesar 15%, menurut University of California. Seseorang yang terlalu sibuk bekerja atau bekerja terlalu keras akan mudah terhinggapi stress dan akan jarang berolah raga sehingga dapat memicu timbulnya tekanan darah.

Bersantai dengan musik
Menurut beberapa pakar kesehatan ada kaitan antara mendengarkan musik dengan penurunan tekanan darah, orang yang terbiasa mendengarkan musik favorit mereka mampu menurunkan tekanan darah beberapa poin daripada yang tidak mendengarkan musik. Sehingga relaksasi (paling mudah dengan mendengarkan musik) disinyalir mampu menurunkan kadar tekanan darah dan membuatnya lebih stabil.

Mengkonsumsi Kedelai
Sebuah studi dari Sirkulasi Journal of American Heart Association menemukan untuk pertama kalinya bahwa mengganti beberapa karbohidrat olahan dalam diet Anda dengan makanan tinggi kedelai atau susu protein, seperti susu rendah lemak, dapat menurunkan tekanan darah sistolik jika Anda memiliki hipertensi atau prehipertensi.

Nah itulah beberapa tips alami untuk menurunkan kadar darah dan menstabilkannya menurut beberapa situs kesehatan seperti Web MD dan the health site. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selalu lakukan konsultasi dengan dokter terkait agar dapat mendapatkan perawatan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah anda.

Tidak ada komentar: