Minggu, 12 Juni 2016

5 Negara dengan Waktu Siang Terlama di Dunia

5 Negara dengan Waktu Siang Terlama di Dunia
foto: google

Sebagaimana diketahui siang dan malam adalah misteri alam, hanya Allah SWT lah yang bisa mengatur segalanya dari yang tidak mungkin menjadi mungkin. Disisi lain siang dan juga sangat berpengaruh dalam kehidupan manusianya sendiri, dimana bagi umat muslim khususnya yang biasanya menjalankan puasa juga sangat berpengaruh karena harus menahan lapar dari subuh sampai maghrib.

Pada bulan Maret hingga September, belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dibanding dengan belahan bumi selatan. Sementara pada bulan Okotober sampai Februari belahan bumi selatan lebih lama menerima cahaya matahari dibanding belahan utara sehingga memungkinkan lama lebih lama pula. Hal ini disebabkan oleh putaran bumi yang tidak selalu lurus tetapi miring.

Perbedaan situasi inilah yang mengakibatkan beberapa negara berikut menjadi rekor negara dengan waktu siang terlama. Berikut negara-negara dengan waktu siang terlama di dunia.

1. Islandia
Negara yang memperoleh peringkat nomor 1 di dunia sebagai negara paling damai di dunia menurut survei oleh Global Peace Index 2015 ini mendapat peringkat negara paling lama pula siangnya. Bayangkan, di Islandia kita bisa merasakan siang hingga waktu paling lama mencapai 22 jam dalam satu hari nya. Hampir seluruh waktu selama 24 jam dihambiskan pada siang hari.

2. Negara-negara Skandinavia
Negara skandinavia yang menempati bagian barat benua Eropa ini menjadi negara-negara kedua dengan rekor waktu siang terlama. Negara skandinavia meliputi negara Swedia, finlandia, dan sebagian norwegia (bagian tengah), saat musim panas mengalami siang yang panjang dengan rekor siang terlamanya yaitu 21 jam. Skandinavia berarti bahagia dan sejahtera.

3. Alaska, Amerika
Alaska menjadi negara bagian terbesar dari Amerika Serikat juga memiliki salju terindah di dunia. Alaska yang terletak di kutub utara ini dibeli Amerika dengan harga 7,2 dollar Amerika. Karena memang letak geografis negara bagian ini yang terletak dikutub utara menjadikan alaska memiliki waktu siang sekitar 20 jam perharinya.

4. Rusia
Menurut luas kawasannya, negara Rusia menjadi negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 17.075.400 km² sehingga sebagian besar wilayahnya benua eropa (dari eropa timur sampai eropa utara) di duduki oleh negara Rusia dan memiliki waktu siang terlamanya yaitu 19 jam perhari.

5. Inggris
Negara yang juga dijadikan patokan waktu dunia ini menjadi negara dengan siang terlama kelima dimana waktu siangnya terlama mencapai 17 jam 45 menit.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri ? Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa harus banyak bersyukur karena hanya melewati siang terlamanya sekitar 13 jam perhari. Hal ini secara tidak langsung juga menguntungkan masyarakat Indonnesia dimana mayoritas dari negara Indonesia adalah warga muslim, sehingga dalam menghadapi bulan puasa tidak terlalu lama seperti negara-negara diatas.

Tidak ada komentar: