Minggu, 26 Juni 2016

Arema Cronus vs Persipura Jayapura: Waspada Ditikung dari Sayap


Hasil gambar untuk arema 
Persipura akan mencoba mencari celah melalui sisi sayap untuk merebut puncak klasemen. Renalto Setiawan menjelaskan mengapa kedua sisi lapangan akan jadi senjata mereka...
Pada pekan-pekan awal ISC A, sementara Persipura Jayapura sedang mencari bentuk permainan terbaiknya hingga terperosok ke papan tengah, Arema Cronus terus-terusan tampil dengan performa terbaiknya. Namun, setelah ISC A berjalan selama tujuh pekan, pelan tapi pasti, Persipura berhasil mengejar ketertinggalannya dari Singo Edan. Saat ini, Boaz Salossa dkk. sudah berada di posisi kedua klasemen sementara, hanya tertinggal dua angka dari Arema Cronus yang berada di puncak klasemen. Dan saat keduanya bertemu pada hari Minggu (26/6/2016) nanti, dipastikan akan ada pertempuran hebat di Stadion Kanjuruhan, Malang, markas Arema.
Pasca kalah dari Mitra Kukar di pekan keempat, Arema berhasil mengembalikan performa terbaik mereka. Dalam tiga pertandingan terakhir, Singo Edan, julukkan Arema, selalu menang. PSM Makassar, Gresik United, dan Persija Jakarta berhasil dikalahkan. Dan hal ini tak lepas dari kinerja apik lini tengah Arema.
Ferry Aman Saragih dan Raphael Maitimo, duet gelandang bertahan Arema, mulai terlihat berani dalam mengontrol permainan Arema. Terutama Raphael Maitimo, yang tahu waktu yang tepat kapan harus melakukan serangan balik cepat atau kapan harus melakukan build-up serangan lambat. Hal ini masih ditambah dengan kemampuan mengumpan Maitimo yang tergolong akurat. Sejauh ini Maitimo sudah melakukan 261 kali umpan sukses, hanya kalah dari Fadil Sausu (376) dan Hariono (274). Apa yang dilakukan Maitimo tersebut kemudian memberikan dampak signifikan terhadap penampilan Arema secara keseluruhan.

Ketika menghadapi Gresik United, tingkat akurasi umpan-umpan pemain Arema berhasil mencapai 76%. Pada pertandingan berikutnya, menghadapi PSM, tingkat akurasi umpan-umpan pemain Arema meningkat menjadi 78%. Dan ketika menghadapi Persija akhir pekan lalu, akurasi umpan pemain-pemain Arema berhasil mencapai 82%, catatan terbaik bagi Arema sejauh ini.
Menariknya, kekuatan Arema tak berhenti sampai di situ saja: Arema juga tergolong pintar dalam mencari peluang.  Sejauh ini, Arema sudah melakukan 34 kali tembakan tepat sasaran, terbanyak di antara tim-tim lainnya. Dari 34 tembakan tersebut, 11 di antaranya berbuah gol.
Dalam pertandingan nanti, Cristian Gonzales kemungkinan besar akan kembali menjadi ujung tombak Arema. Jika dirinya kemudian mengalami kebuntuan, Milomir Seslija, pelatih Arema, bisa mengandalkan Gustavo Giron dan Sunarto, Sang Joker. Nama yang disebut terakhir bahkan sudah mencetak dua gol.
Meski demikian, Arema dipastikan mengalami krisis di sektor full-back. Benny Wahyudi masih diragukan tampil. Hendro Siswanto, yang menjadi full-back kanan dadakan saat melawan Persija, juga dikabarkan cedera. Sementara itu Alfarizi, full-back kiri Arema, dipastikan absen karena mendapatkan kartu merah saat menghadapi Persija. Mengingat Persipura mempunyai pemain-pemain cepat di sektor sayap, Milo harus mampu mencari solusi terbaik di posisi ini. Menempatkan Maitimo di salah satu pos full-back mungkin bisa menjadi pilihan, tetapi hal tersebut akan mengurangi kinerja lini tengah Arema yang sedang bagus-bagusnya.
Persipura sendiri kemungkinan besar akan mengeksploitasi kelemahan Arema di sektor full-back tersebut. Kecepatan Ricky Kayame dan Boaz Salossa, dua pemain yang tampil menonjol dalam dua pertandingan terakhir Persipura, akan menjadi senjata utama anak asuh Jafri Sastra. Selain itu, Persipura juga masih memiliki Feri Pahabol yang juga mempunyai kecepatan saat menyerang melalui sisi lapangan.
Di sektor tengah, Persipura kini juga sudah mampu menyesuaikan diri dengan filosofi permainan Jafri Sastra. Mereka tak lagi bertele-tele saat menguasai bola dan mereka juga terlihat lebih disiplin dalam melindungi lini pertahanan mereka. Dua hal yang tentu saja menjadi tambahan modal bagus bagi Persipura untuk menghadapi lini tengah Arema yang sedang ganas-ganasnya.
Perkiraan Formasi
Arema (4-2-3-1)
Kurnia Meiga; Junda Irawan, Goran Ganchev, Hamka Hamzah, Hendro Siswanto; Raphael Maitimo, Ferry Aman Saragih, Srdjan Lopicic, Esteban Viscarra, Nufiandani; Cristian Gonzales
Persipura (4-3-3)
Yoo Jae-hoon; Yustinus Pae, Bio Pauline, Ricardo Salampessy, M. Tahir; Nelson Alom, Feri Pahabol, Rony Beroperay; Boaz Salossa, Riky Kayame, James Koko Lomell

Tidak ada komentar: