Jumat, 22 Juli 2016

13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Herbal: Oregano

Jakarta, Deskripsi:
Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Oregano tumbuh di daerah pegunungan terpencil di mana tidak ada polusi. Tanaman ini biasanya digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spaghetti.

Selain untuk bahan pizza, daun Oregano dimanfaatkan sebagai obat. Daun dipetik pada saat tanaman kandungan minyaknya tinggi. Daun kemudian diaekstrak dalam proses yang sepenuhnya alami, sama sekali tidak ada bahan kimia atau pelarut yang digunakan.

Kandungan:
Antioksidan, asam caffeic, eugenol, myrcene, asam oleanolic dan asam ursolat, serta senyawa antioksidan non-, carvone, caryophyllene, geraniol dan limonene.
Daun oregano merupakan tanaman obat yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Daun oregano sering digunakan sebagai tanaman hias, yang sebenarnya memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa saja manfaat daun oregano untuk tubuh kita? 13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan Banyak orang mengetahui bahwa daun oregano sering ditambahkan pada pizza atau spaghetti. Tanaman herbal ini juga sering dimasak bersama sup, atau masakan lain. Anda mungkin juga sering menemukan daun ini pada daging panggang dan lainnya. Bahkan, tidak jarang daun oregano diseduh bersama air panas sebagai minuman teh. Fakta Nutrisi dalam Daun Oregano Sejumlah nutrisi penting yang terdapat di dalam daun oregano (Pot Marjoram) seperti kalsium, mangan, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat. 

Di dalam daun ini juga terkandung senyawa penting seperti carvacrol, asam rosmarinic, dan thymol 13 Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan dan Kecantikan Bukan hanya sebagai penyedap masakan yang memiliki rasa tajam dan unik, ternyata daun oregano memiliki khasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Berikut ini adalah manfaat daun oregano yang luar biasa bagi tubuh kita: 

1. Melawan radikal bebas Daun oregano kaya akan thymol dan asam rosmarinic, di mana keduanya memiliki sifat antioksidan kuat yang mampu mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif adalah kondisi di mana radikal bebas berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak dapat menetralkannya. Stress oksidatif dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel dan DNA akibat produksi peroksida yang berlebihan. 

2. Menguatkan imunitas Daun oregano dilengkapi dengan vitamin A dan mangan, dimana keduanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan konsumsi daun ini, dapat memulihkan energi tubuh dan mencegah kelelahan kronis. Baca juga: 18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya. 

3. Meredakan nyeri menstruasi Zat tertentu di dalam daun oregano diyakini sebagai obat alami bagi wanita yang mengalami nyeri ketika haid. Manfaat ini akan diperoleh jika anda mengkonsumsi daunnya sebelum rasa sakit menyerang. 

4. Melancarkan pencernaan Meskipun ukurannya sangat kecil, daun oregano kaya akan serat pangan yang berguna untuk melancarkan sistem cerna. Di samping itu, senyawa penting seperti carvacrol dan thymol yang ada di dalam daun ini baik untuk pencernaan serta mencegah sembelit. 

5. Meredakan demam Minyak oregano memiliki sifat penyembuh alami. Kini anda dapat membeli minyak oregano yang telah beredar di banyak tempat. Campur dengan air secukupnya, ketika mengkonsumsi minyak alami ini. 

6. Membersihkan racun dalam hati Daun oregano juga diperkaya dengan senyawa esensial seperti kalsium, mangan, vitamin K, zat besi, serat, dan sejumlah senyawa organik lainnya. Semua nutrisi ini berperan sebagai detoksifikasi tubuh, dan berguna untuk mengeluarkan racun dari hati. 

7. Baik untuk kesehatan jantung Oregano memiliki asam lemak omega-3 yang diketahui berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Omega 3 berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, dan mencegah inflamasi pada sistem kardiovaskular. Sehingga anda terhindar dari risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya antioksidan di dalam daun ini. 

8. Menyehatkan usus Senyawa carvacrol dan timol yang terdapat di dalam daun oregano, memiliki sifat anti bakteri yang efektif dalam melawan bakteri patogen yang menyerang usus, kulit dan lainnya. 

9. Mengobati sariawan dan luka Daun oregano mengandung thymol yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu untuk mengobati infeksi kulit. Oleskan daun oregano yang telah ditumbuk, pada kulit yang bermasalah. Obat luar ini dapat mengatasi sariawan, luka, bisul, dan sebagainya. 

10. Mengatasi sulit tidur Teh yang terbuat dari daun oregano juga berguna untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Teh herbal ini dapat menenangkan saraf dan membuat suasana hati menjadi lebih rileks sehingga terhindar dari stres. 

11. Mencegah kanker Disebabkan oleh adanya antioksidan kuat di dalamnya, oregano merupakan makanan yang mampu mencegah berbagai jenis kanker. Manfaat Daun Oregano Untuk Kecantikan Kulit 

12. Mencegah penuaan dini Teh oregano kaya antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan munculnya tanda penuaan dini.

13. Menghilangkan jerawat Untuk mengobati jerawat, cukup aplikasikan daun oregano yang telah dilumatkan pada kulit yang timbul jerawat. Nah, itulah 13 manfaat daun oregano bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi, selain lezat sebagai bumbu masakan, ternyata banyak manfaat kesehatan diperoleh dari tanaman ini.

Tidak ada komentar: