Kamis, 27 Oktober 2016

5 Fakta terbaru dua tahun Jokowi-JK lebih baik dibanding SBY

Reporter : Idris Rusadi Putra | Rabu, 26 Oktober 2016 06:00
5 Fakta terbaru dua tahun Jokowi-JK lebih baik dibanding SBY
jokowi-jk. ©2014 Merdeka.comMerdeka.com - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada Kamis (20/10) tepat genap berusia dua tahun. Banyak kebijakan yang telah terealisasi namun ada juga yang masih belum jelas nasibnya.
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memuji hasil kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah genap berjalan dua tahun.
Basuki mengklaim sudah terjadi perubahan besar yang dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.
Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengatakan, perubahan pembangunan infrastruktur besar-besaran terjadi selama dua tahun terakhir. Selain itu, kebijakan yang dicetuskan juga berdampak pada kemudahan berbisnis atau ease of doing business index.
"Sekarang Pak Jokowi lakukan perubahan besar-besaran," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/10).
Analis Asia dari Verisk Maplecroft, Hugo Brennan mengatakan pada tahun pertama memang belum terlihat adanya kemajuan dari program-program yang dicanangkan Jokowi. Namun, di tahun kedua, sudah mulai terlihat adanya perbaikan, terutama dalam perekonomian Indonesia.
"Tahun pertama Jokowi memang sangat mengecewakan, sedangkan 12 bulan terakhir terlihat lebih menjanjikan. Kenyataannya, dia telah melakukan semuanya dengan baik," kata Brennan seperti dilansir CNBC, Rabu (19/10).
Dia menambahkan, rencana Jokowi untuk menyehatkan keuangan negara sempat dianggap mustahil. Mengingat, Indonesia selalu mengalami defisit anggaran pada pemerintahan sebelumnya.
Namun, rencana ini terbukti dengan adanya penghapusan subsidi bensin di akhir tahun 2014. Selain itu, adanya program pengampunan pajak (Tax Amnesty) juga membuktikan komitmen Jokowi-JK dalam memperbaiki ekonomi nasional.
Keberhasilan Jokowi-JK juga diakui para menteri dan bawahan Jokowi. Mereka mengeluarkan fakta bahwa dua tahun Jokowi-JK lebih baik dibanding era SBY. Berikut rinciannya:

Tidak ada komentar: