Minggu, 30 Oktober 2016

Data Terbaru: Ronaldo Kalah Jauh dari Messi di Ballon D'Or 2016


Data Terbaru: Ronaldo Kalah Jauh dari Messi di Ballon DOr 2016
Infografis perbandingan jumlah gol dan assist para pemain calon penerima gelar Ballon D Or FIFA (mundodeportivo)

A+ A-
BARCELONA - Baru menjelang akhir tahun 2016, tapi media massa dunia sudah ramai membicarakan siapa yang berhak mendapat gelar Pemain Terbaik Dunia. Padahal, pengukuhan penghargaan itu biasanya baru diserahkan pada awal tahun berikutnya.

Ya, belakangan sering kita dengan beberapa komentar dari legenda sepak bola yang mengatakan beberapa pemain layak merebut gelar Pemain Terbaik Dunia atau FIFA Ballon D’Or 2016.

Beberapa pemain yang sering disebut diantaranya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Gareth Bale, hingga Antoine Griezmann.

Ronaldo sering dikedepankan dan jadi favorit setelah ikut mengantar Real Madrid jawara Liga Champions untuk ke-11 kalinya. Plus dia juga jadi kapten Timnas Portugal kala merenggut gelar Piala Eropa perdana mereka di Prancis 2016.

Tapi banyak juga fans maupun legenda sepak bola dunia  yang menjagokan Messi. Walau selama 2016, King Leo hanya kebagian jatah La Liga Spanyol bersama Barcelona dan finis runner-up Copa America Centenario bersama Timnas Argentina.

Bagaimana dengan Gareth Bale yang membawa Timnas Wales ke semi-final Piala Eropa 2016 dan juga membantu Ronaldo serta Real Madrid juara Liga Champions? Atau Antoine Griezmann, pencetak gol tersubur Euro 2016 dan membawa Prancis serta Atletico Madrid ke final (Euro dan Liga Champions)?

Seperti biasa, media massa Catalonia jelas memihak Messi. Dan data statistik terbaru dari El Mundo Deportivo menegaskan bahwa King Leo amat layak diberikan gelar Ballon D’Or 2016.

Pasalnya sebelum cedera beberapa pekan silam (atau hingga pertengahan September 2016), dua sudah terlibat dalam 70 gol di berbagai kompetisi bersama Barcelona dan Timnas Argentina. Itu terbagi menjadi 43 gol dan menyumbang 27 assist.

Bandingkan dengan CR7 yang cuma melesakkan 35 gol plus 12 assist. Catatan Messi soal ini tak bisa ditandingi Ronaldo. Justru yang terdekat menyaingi King Leo adalah rekannya di Barcelona, Luis Suarez, yang terlibat dalam 64 gol buat Barcelona dan Timnas Uruguay.

Nah bagaimana pilihan para jurnalis yang kebagian jatah memberi nilai buat para finalis Ballon D’Or 2016 nanti? Data statistik ini tentunya bisa jadi salah satu referensi mereka dalam memutuskan itu bukan.Lalu bagaimana pilihan Anda?

Tidak ada komentar: