Minggu, 16 Oktober 2016

Profil Rival Piala AFF 2016 (3): Filipina dan Ambisi Besarnya untuk Menjadi Juara

Kekuatan utama Filipina di Piala AFF 2016: (masih) pemain keturunan dan naturalisasi

JELANG AFF SUZUKI CUP 2016


Dari skuat Filipina saat ini, tak lebih dari sepuluh pemain yang lahir di negeri sendiri. Sisanya merupakan pemain-pemain keturunan yang tersebar di seluruh dunia dan juga pemain-pemain naturalisasi. Minimnya talenta murni lokal yang berkualitas memang membuat Filipina harus mencari pemain-pemain keturunan dan melakukan naturalisasi untuk membuat tim nasional mereka menjadi kuat. Langkah yang diusung oleh Dan Palami ini telah mereka lakukan sejak 2010 lalu dan hingga Piala AFF 2016, yang akan menjadi pembuktian berhasil atau tidaknya proyek tersebut.
Di skuat Filipina saat ini, dari mulai posisi penjaga gawang hingga posisi pemain depan pasti terdapat pemain naturalisasi atau keturunan. Di posisi penjaga gawang ada nama Nick O'Donnell yang merupakan pemain keturunan Kanada. Di lini belakang, nama pemain muda mereka, Kenshiro Daniels, merupakan pemain keturunan asal Amerika Serikat. Mike Ott, pemain lini tengah The Azkals keturunan Jerman, bahkan saat ini masih bermain di negeri asalnya itu bersama klub 1. FC Nurnberg II. Juga di lini tengah ada Luke Woodland yang bermain untuk Oldham Athletic, serta ada nama pemain naturalisasi asal Swiss, Martin Steuble yang sempat bermain untuk FC Zurich. Ada juga pemain naturalisasi lain yakni Stephan Schroek yang sebelumnya pernah berkarier bersama Jerman U-20. Dan di lini depan, ada sang kapten, Philip Younghusband.

Di bawah asuhan Martin Dooyle, pemain-pemain keturunan dan naturalisasi itu akan menjadi kekuatan besar di Piala AFF 2016. Ditambah lagi, Dooyle memperagakan permainan bergaya Eropa yang memanfaatkan keunggulan fisik para pemain-pemainnya. Karenanya mari kita lihat di akhir tahun nanti, apakah Philip dan kawan-kawan mampu meraih gelar juara dan membalaskan dendam kepada Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Tidak ada komentar: