Minggu, 23 Oktober 2016

Survei SMRC: 61,4 Persen Warga Puas dengan Kinerja Jokowi-JK

Rina Atriana - detikNews

Jakarta - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei terhadap kinerja 2 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Hasilnya, mayoritas warga puas dengan kinerja keduanya dalam memimpin Indonesia.

"Tingkat kepuasan publik sama dengan posisi Pak SBY di Juli 2014, ada di angka 69 persen," kata Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas saat menyampaikan hasil survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2016).

Angka 69 persen berasal dari 61,4 persen warga puas, ditambah dengan 7,4 persen merasa sangat puas. Sebanyak 26,3 persen merasa belum puas, dan 3 persen merasa tidak puas sama sekali.

Survei dilakukan pada 13-17 Oktober 2016 dengan metode multistage random sampling. Dipilih secara random 1.220 responden dan diwawancara dengan cara tatap muka. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 9,5 persen.

"Perbaikan dirasakan warga baik pada kondisi ekonomi rumah tangga maupun kondisi ekonomi nasional. Sekitar 45% warga merasa kondisi ekonomi rumah tangganya lebih baik dibanding tahun lalu. Sebesar 23 persen merasa lebih buruk," jelas Sirojudin.

Selain itu, mayoritas warga juga optimis bahwa kondisi ekonomj rumah tangganya setahun ke depan akan lebih baik atau jauh lebih baik dari sekarang.

"Selain itu warga yang merasa ekonomi nasional sekarang lebih baik (40 persen) lebih banyak ketimbang yang merasa lebih buruk (20 persen) atau jauh lebih buruk (32 persen)," tutur Sirojudin.

Hadir pula dalam pemaparan survei ini yakni politikus PDIP Maruarar Sirait, Wasekjen Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin, dan politikus Partai Gerindra Ahmda Riza Patria.
(rna/rvk)

Tidak ada komentar: